9 Sep 2017

Tidak Sembelih Hewan Kurban, PR IPM SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta Ajak Kurban Bareng

IPM.OR.ID, KULON PROGO - Berbagi kebahagiaan untuk sesama  tidak melulu harus dilingkugan sekolah. Bisa juga, dilakukan diluar lingkungan sekolah. Seperti yang di giatkan Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Bertepatan Hari Raya Idul Adha 2017/1438 H, PR IPM bersama keluarga besar SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta ini mengadakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) di Desa Munggang Wetan, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Melihat warga sekitar yang tidak pernah selenggarakan Qurban, membuat hati PR IPM tergugah.

Miris bisa jadi, menggambarkan desa tersebut. Tidak pernah adakan Qurban karena keadaan ekonomi masyarakatnya yang kurang. "Kami memilih lokasi tersebut agar qurban dan berbagai rangkaian kegiatan lainnya dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat sekitar," jelas  Dimas Putra Ketua Umum PR IPM SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta kepada IPM.OR.ID, Sabtu (2/9).



Kegiatan yang pertama kali dilakukan ini, lanjut Dimas, selain untuk berbagi bersama juga menjadi salah satu sarana dakwah Persyarikatan Muhammadiyah dan SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta kepada masyarakat sekitar.

Muhaimin, S. Ag, M. Pd. Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta berharap, kegiatan ini berlangsung rutin setiap tahunnya. "Semoga kegiatan dapat berkelanjutan setiap tahunnya, terutama bagi desa - desa yang keadaan ekonomi masyarakatnya berkekurangan, bahkan tidak pernah merasakan qurban disetiap tahunnya, sehingga mereka dapat merasakan qurban dan semoga bermanfaat," harap Muhaimin.

Tidak hanya Qurban bareng saja, dengan diselingi Pengajian Idul Adha, PR IPM Muhammadiyah 2 Yogyakarta juga adakan cek kesehatan gratis, dilanjut membagikan obat dan sembako gratis.*(an)