18 Sep 2017

PKTMD Rasa Kepanduan Ala PR IPM SMAM 8 Ciputat



Jawa Barat, IPM.OR.ID – Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammadiyah 8 Ciputat baru saja melaksanakan Pelatihan Kader Taruna Melati Dasar (PKTMD) pada 15-16 September 2017 dengan tema “Meningkatkan Semangat dan Mengembangkan Potensi Pelajar” bertempat di Serua Green Village, Serua, Depok, Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan kelas 10 dan 11, Pembina Pimpinan Ranting IPM SMA Muhammadiyah 8 Ciputat, Wakasek. Kesiswan, dan Kepala SMA Muhammadiyah 8 Ciputat.

Pada PKTMD kali ini disampaikan materi MOK, Ke-IPM-an, Administrasi, Retorika, Karakter Building, dan PBB. Selain penyampaian materi yang sangat bermanfaat bagi peserta, adapula kegiatan Forum Group Discussion (FGD) diperlukan oleh peserta agar tetap bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini. Pada malam hari peserta akan melakukan Post Test berkelompok, pada post test ini setiap kelompok harus melewati 3 pos, setiap pos menyajikan materi tes yang berbeda, pos pertama untuk ke-IPM-an, dan pos kedua untuk pengetahuan umum. Pada pos terakhir peserta harus melewati rintangan untuk mengambil baju PKTMD yang telah disiapkan oleh panitia.

Pagi keesokan harinya (16/8) peserta mendapatkan Materi Pelatihan Baris Berbaris (PBB), materi ini dipilih agar setiap peserta mengerti akan baris berbari, dimateri ini pula peserta di ajarkan cara melipat bendera, dan mengibarkan bendera. Setelah peserta mendapatkan materi PBB, peserta membereskan kamar masing-masing untuk cek out dari Villa.

PKTMD ini berjalan dengan lancar, banyak peserta yang berterima kasih atas terselanggarakannya kegiatan PKTMD ini. “Alhamdulillah setelah mengikuti PKTMD saya lebih mengenal banyak teman, karakter saya lebih terbentuk, saya dapat pelajaran bahwa kerja sama, solidaritas, kepekaan, dan tidak mementingkan diri sendiri itu penting dalam sebuah organisasi.” Ujar Fadila Az Zahra, salah satu peserta PKTMD 2017.

Dalam kegiatan ini terdapat nilai-nilai yang disampaikan kepada peserta diantaranya menghargai setiap waktu, kepekaan, kerja sama, dan solidaritas. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat membentuk kader yang mandiri, kreatif, bertanggung jawab, disiplin, tidak cengeng, dan dapat mengembangkan potensi pelajar sesuai dengan tema kegiatan PKTMD kali ini. *(mia)