15 Sep 2017

Peringati Hari Aksara, IPM Kaltara Jajakan Buku untuk Masyarakat


IPM.OR.ID, Tarakan - Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kalimantan Utara (Kaltara) memperingati Hari Aksara Internasional dengan Tema “Senja Aksara” di Taman Berlabuh, Tarakan Sabtu (9/9) kemarin. 

Kegiatan tersebut sebagai upaya mengingatkan minat baca, di Hari aksara yang minim diketahui masyarakat umum. Ketua Panita “Senja Aksara” Nur Zamani Tadjid mengatakan, hal ini perlu dilakukan karena masih banyaknya masyarakat umum maupun kaula muda di Tarakan, untuk bisa membiasakan membaca dalam kesehariannya.

"Acara ini kami selenggarakan dengan harapan agar masyarakat, juga turut memperingatinya.  Termasuk para kaum intelek muda lainyan pun harus turut serta melakukanya,” ungkap remaja yang akrab disapa Aman ini.

Kegiatan ini merupakan kali pertama dibentuk oleh IPM Kaltara, menurut mereka hal ini perlu dilakukan sebab, jika tidak ada yang memulainya maka dikhawatirkan ke depannya tidak ada lagi generasi yang memperingati Hari Aksara ini.

"Kalau belum ada yang mau memulai, maka pelajar Muhammadiyah lah yang menjadi volunteer untuk hal ini,” tutur  Aman.

Saat IPM.OR.ID bertanya alasan mengambil tema "Senja Aksara", Aman menjawab karena acara yang mereka selenggarakan di sore hari. Tak hanya itu, kebanyakan masyarakat menyukai Senja maka dengan harapan itu lah, Hari Aksara juga selalu disukai dengan cara melestarikan budaya membaca.

"Saya yakin Hari Aksara Internasional ini merupakan memonetum yang tepat untuk merenungkan tantangan keaksaraan,  yakni kurangnya tingkat literasi di tanah air kita” tutup Aman.

Sementara itu, Ketua Pimpinna Wilayah IPM Kaltara Khusnul Aulia, pun turut berharap banyak agar masayarakat umum tidak terlupa dengan adanya buku yang menjadi ladang pengetahuan. “Dengan adanya acara ini diharapkan bisa menyadarkan khalayak umum akan pentingnya membaca, semoga saja kita bisa rutin mengadakan acara seperti ini” tutur  Khusnul sapaan akrabnya.

Untuk diketahui, kegiatan Senja Aksara dimulai sejak 16.00 Wita tersebut diisi beberapa live  acoustic dan jajakan buku bacaan dari Komunitas Lapak Baca dari Komunitas Baca di Tarakan. Selain itu juga, sebelumnya IPM Kaltara juga mengadakan lomba Esai tingkat SMA/SMK se-Kota Tarakan dengan tema “Memujudkan Pelajar Cerdas dan Bekarya Nyata untuk Negeri” yang di mana para pemenang lomba di umumkan setelah acara Senja Aksara resmi dibuka.
*(mike/nri/an)