22 Aug 2017

Puluhan Pelajar Penuhi Masjid dikala Subuh Menyapa


IPM.OR.ID, SURABAYA - Gerakan Pelajar Shubuh Berjamaah (GPSB) terus berlanjut. Di jilid ke-12 mereka mendatangi masjid Baitul Kholiq jalan Tambak Wedi Baru V/33 Kenjeran-Surabaya. Jamaah setempat begitu kagum setelah puluhan pelajar memadati masjid hingga shaf saat sholat shubuh meluber sampai teras masjid. Acara yang dinaungi PR IPM SMAMX dan PC IPM Kenjeran tersebut berlangsung pada Ahad (20/8).

            Masjid Baitul Kholiq menjadi pilihan untuk mengarahkan para pelajar sholat shubuh dikarenakan keberadaan masjid tersebut terletak di pemukiman masyarakat dan kurang ramai didatangi jamaah ketika waktu sholat tiba. Takmir masjid mengaku senang dan terharu  melihat antusias pelajar memenuhi masjid. Sholat shubuh yang bisanya hanya 1 shaf, kini jamaahnya hingga di teras masjid.

“Sungguh, saya sangat senang, baru pertama ini saya melihat banyak pelajar yang mendatangi dan memenuhi masjid sebelum adzan shubuh tiba, yang sebelumnya para jamaah adalah orang yang berusia lanjut, saya sangat mendukung gerakan pelajar yang satu ini,” ungkap Bapak Shiddiq selaku ketua takmir masjid Baitul Kholiq.

            Setelah itu, para jamaah disuguhkan oleh ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Jemadi. Beliau memaparkan tentang keteladanan Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Buya Hamka) yang semasa hidupnya gemar membaca dan selalu patuh terhadap orang tuanya.
“Buya Hamka adalah sosok yang patut kita contoh sebagai pelajar. Dia terus belajar, tegar dalam menghadapi cemoohan masyarakat dan akhirnya membawa pencerahan bagi nusa bangsa ini, ungkap Ustadz Jemadi.

            Menurut Sudarusman, selaku kepala SMAM-X sangat berharap kegiatan ini terus berkesinambungan karena sungguh bermanfaat bagi pelajar. “Kegiatan pelajar shubuh berjamaah yang dirintis oleh IPM SMAM-X merupakan kegiatan yang sangat membantu orang tua dalam mendidik anaknya, sholat shubuh berjamaah di masjid ini membiasakan para siswa untuk melakukan aktivitas di awal waktu yang mana dibutuhkan dalam zaman digital saat ini oleh karena itu saya berpesan agar GPSB terus berlanjut dan berkesinambungan,” tuturnya. (azmi)