21 Aug 2017

Menggali Potensi Kader, PD IPM Surakarta Gelar Kompetisi Dan Torseni

IPM.OR.ID, SURAKARTA - Menyambut siswa baru, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Surakarta gelar lomba Forum Ta'aruf dan Orientasi Siswa (FORTASI) dan Temu Olahraga dan Seni (TORSENI), Ahad (20/8).

 Acara ini merupakan serangkaian dari kegiatan Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa tahun 2017 yang dilakukan setelah pengisian materi di setiap sekolah menengah Muhammadiyah. Acara yang dimeriahkan oleh ratusan siswa, terbagi menjadi 2 macam yakni Lomba Fortasi (20/8) dan TORSENI (7/9) mendatang.

Ketua Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Surakarta, Ipmawati Kholifah Rizkia Syahfitri menyebutkan bahwa terdapat berbagai cabang perlombaan pada FORTASI tahun ini. Pada tingkat SMP/sederajat terdapat lomba MTQ, Adzan, Khitobah, Menulis Cerpen, Cerdas Cermat, Paduan Suara, Miniatur Transportasi. Tingkat SMA/sederajat terdapat lomba Musabaqoh Hifdzil Qu'an (MHQ), Kaligrafi, Khitobah, Resensi Buku, Olimpiade Matematika, Miniatur Bangunan, dan Kompetisi Media Pembelajar Matematika (KMPM).

“Lomba ini merupakan ajang bagi siswa baru untuk saling mengenal antar siswa, mengenal lingkungan sekolah, mengenal Muhammadiyah, dan tentunya mengenal Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Selain itu lomba ini dimaksudkan untuk menggali dan mengembangkan potensi yang telah dimiliki oleh siswa baru,” kata Kholifah pada pembukaan Lomba FORTASI. 

Drs. H. Tridjono selaku Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Surakarta menyatakan bahwa Lomba FORTASI tersebut patut di apresiasi dan didukung oleh berbagai pihak. Hal ini dikarenakan pentingnya penggalian potensi di usia muda agar dapat diasah secara terus menerus dan tak boleh menyerah, sehingga dapat menjadi suatu keahlian yang dimiliki oleh kader-kader militan Muhammadiyah dan bangsa.
Lomba FORTASI dimulai pukul 08.00 WIB di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Acara pembukaan pada Ahad pagi ini pun berlangsung secara meriah, yang dapat dilihat dari antusias para peserta lomba. Dalam pembukaan ini, terdapat hiburan kesenian tapak suci yang dipersembahkan oleh siswa siswi SMK Muhammadiyah 4 Surakarta.*(ed)