20 Aug 2017

IPM Bogor Siap Sambut Era Millenial

IPM.OR.ID, BOGOR - Sebanyak 7 Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM) yang berada di Kabupaten Bogor akan dikunjungi oleh Tim Media Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kabupaten Bogor, dalam rangka Roadshow Jurnalistik dan Literasi. Kegiatan ini akan mengumpulkan semua Pimpinan Ranting (PR) yang ada di Kabupaten Bogor berdasarkan regional cabangnya.

Roadshow, Sabtu (19/8) berlangsung di Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM) Parung. Hadir Pimpinan Ranting Pimpinan Ranting (PR) IPM Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Parung dan PR Sekolah Menenengah Kejuruan  Muhammadiyah Parung yang bertempat di Gedung SMK Muhammadiyah Parung sebagai tuan rumah.

Ipmawan Firman Firdiansyah selaku Direktur Tim Media PD IPM Kab. Bogor mengungkapkan Roadshow ini untuk memicu kesadaraan dan kepekaan Pelajar Muhammadiyah akan pentingnya mengetahui ilmu jurnalistik.

“Hari ini banyak sekali berita-berita yang menyesatkan, karenanya penting untuk membekali pelajar tentang dasar jurnalistik agar setidaknya mereka tidak mudah termakan berita-berita  yang ada di media," ungkapnya.

Roadshow tersebut juga membahas mengenai budaya literasi yang sedang berkembang di Indonesia. Firman, sapaan akrabnya menyampaikan rendahnya tingkat literasi di Indonesia yang menjadi keprihatinannya.

 “Data yang kami dapat dari Kurio menyatakan minat baca kita berada di posisi 60 dari 64 Negara. Padahal dengan budaya membacalah suatu Negara bisa maju”. Pungkasnya.

Amanda yang menjadi peserta mengaku sangat senang dengan kegiatan ini. Ia mengaku mendapatkan informasi yang membuatnya sedih.

“Kaget juga ya minat baca di Indonesia sangat rendah, terbalik dengan minat medsos yang begitu tinggi. Saya ingin mulai merubah kebiasaan dengan mulai membaca buku-buku novel daripada ber-medsos”. Ungkapnya.

Ketua Umum Pimpinan Daerah (PD) IPM Kab. Bogor, Ipmawaawan Fachrudin menyampaikan optimismenya mengenai kegiatan ini. Ia berharap mampu membentuk Jaringan Jurnalis Pelajar Muhammadiyah.

 “Selama ini kita lemah dalam hal publikasi. Maka penting untuk selalu memberitakan segala bentuk kegiatan kita ke masyarakat sebagai bentuk dakwah kita,"Tutupnya.

Roadshow Jurnalistik dan Literasi pertama kali adalah PC IPM Pamijahan (14/8), lalu akan berlanjut di 5 Pimpinan Cabang yang lain, dalam rentang Agustus hingga September ini.  Tim Media PD IPM Kabupaten Bogor pun berencana mengunjungi beberapa lembaga media sekolah yang ada di Kabupaten Bogor.*(firman)