3 May 2017

PR IPM SMKM 2 Banjarmasin Gelar Lapak Baca Gratis untuk Dukung Jihad Literasi



IPM.OR.ID, BANJARMASIN - Salah satu upaya pemberantasan berita maupun kabar hoax yang tersebar adalah dengan cara membaca. Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin menyelenggarakan Lapak Baca Gratis yang merupakan kegiatan pendukung gerakan literasi bertempat di Menara Pandan.

Peran serta PR IPM SMK Muhammmadiyah 2 dalam kegiatan Lapak Baca Gratis sangatlah besar. Mulanya, Lapak Baca merupakan program kerja PR IPM SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin, pada masa jabatan Ketua Umum M. Riva Aditya Pratam sekaligus ketua pelaksana Lapak Baca Gratis kali ini, upaya mengumpulkan berbagai organisasi, komunitas serta forum yang ada untuk saling bekerjasama dengan tujuan memperkenalkan Ikatan Pelajar Muhammadiyah kepada masyarakat Banjarmasin melalui Lapak Baca.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan dibawah naungan PR IPM SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin dengan dibantu organisasi, forum dan komunitas yang ada di Banjarmasin. Acara besar dan diapresiasikan masyarakat Banjarmasin menjadikan budaya literasi semakin kuat, melestarikan budaya madhin dan panting serta bergerak bersama bagaikan membaca peradapan,” ungkap Riva.

“Alhamdulillah acara berjalan hingga sukses, selain berbudaya literasi juga memperkenalkan kebudayaan Banjarmasin yaitu bemadihin dan panting,” imbuhnya.


Acara Lapak Baca ini mendapat dukungan langsung oleh bapak Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina. Turut hadir perwakilan organisasi komunitas dan forum dari berbagai unsur agama, pendidikan, sosial dan budaya seperti Qory (Banjarmasin Berbagi), Rizky Alfandy (Green Generation), Muhammad Yusuf (FKPPI) dan Luqmanul Hakim (Forum OSIS Banjarmasin). (riva)