22 Apr 2017

IPM Gerakkan 1 Juta Pelajar Turun Tangan


IPM.OR.ID, YOGYAKARTA - Upaya mendukung Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) menggelar aksi di halaman Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta yang akan dilaksanakan pada Rabu (26/4). 

Akhir-akhir ini, fenomena bencana alam memang tiada henti menimpa kita. Banyaknya faktor menjadi penyebab bencana terjadi. Sebagai warga bumi, sudah seharusnya melakukan sesuatu upaya pencegahan terhadap bencana tersebut. Hal inilah yang mendorong PP IPM untuk bergerak memperingati HKBN 2017.

"PP IPM sangat menyambut baik dan memberikan apresisai yang setinggi - tingginya atas pencanangan HKBN oleh BNPB yang bekerjasama dengan MDMC PP Muhammadiyah, PP IPM, Dikdasmen PP Muhammadiyah serta beberapa organisasi yang terkait," ucap Ketua Umum PP IPM, Velandani Prakoso mengungkapkan rasa kepeduliannya saat diwawancarai Kamis (20/4).

Ipmawan akrab disapa Andan ini mengajak kepada seluruh pelajar Muhammadiyah se-Indonesia untuk turut andil mendukung kegiatan tersebut. "Aksi ini dapat mewujudkan generasi sadar kelestarian lingkungan yang merupakan bagian dari semangat berkemajuan ala Muhammadiyah," tuturnya. 

"Sadar bahwa lestarinya lingkungan, juga akan berpengaruh pada kelangsungan hidup di masa depan, hal tersebut adalah pandangan yang melampaui zaman," imbuh Andan.

Senada dengan Andan, koordinator lapangan aksi, Fathya Fikri Izzuddin mengatakan bahwa penanganan terhadap bencana menjadi tanggung jawab semua pihak. Oleh karena itu perlu adanya tanggung jawab dan juga berbagi peran untuk meningkatkan kesiapan dalam menanggulangi bencana yang datang di semua tingkatan elemen masyarakat.

Menurut Fikri, aksi ini akan dikemas menjadi apel kesiapsiagaan, simulasi kebakaran serta flashmob HKBN pada hari tersebut. Serta memuat beberapa hal diantaranya Twibbon dan foto atau video ucapan selamat HKBN dengan hastag #1jtpelajarturuntangan untuk disebar di sosial media. Apel kesiapsiagaan bencana tanggal 26 april 2017 akan diadakan serentak di sekolah Muhammadiyah se- tanah air (kerjasama dengan dikdasmen PP). 

Bukan hanya itu, untuk memeriahkan aksi PP IPM menginstruksikan kepada seluruh jenjang pimpinan yang ada di IPM untuk dapat berpartisipasi dengan mengupload foto atau video berisi ucapan selamat HKBN kemudian posting ke sosmed dengan hastag #1jtpelajarturuntangan #sekolahamanbencana #siapuntukselamat #indonesiasiaga #hkbn2017.

"Setelah video flashmob terupload, tinggal dikawal saja sampai ke hari-H. Untuk teknis, rapat terakhir kemarin sore tinggal administrasi dan menunggu hari-H," imbuh Fikri menyatakan persiapan telah mencapai 90%. (yun/mnz)