24 Apr 2017

Baksos Literasi, Penghuni Panti Tulis Surat untuk Presiden Joko Widodo


IPM.OR.ID - Anak-anak panti itu menumpahkan segala harapan, cita-cita, curahan hati atau sekadar urun pendapat. Semuanya ditulis tangan berbentuk surat dan ditujukan kepada Presiden Joko Widodo.
Itulah bagian dari ‘Baksos Literasi Antologi Surat Kecil untuk Presiden’ yang digagas oleh Pimpinan Ranting SMA Muhammadiyah 10 (PR IPM SMAM 10) Surabaya. Mereka mengajak anak-anak Panti Asuhan Walidah Surabaya untuk menulis surat kepada Presiden RI, Jumat (21/4).
“Surat-surat ini nantinya akan dibukukan. Dengan harapan supaya masyarakat paham bahwa tidak selamanya anak panti itu tidak mempunyai cita-cita yang tinggi,” kata Prastata Ta’syah, Ketua Umum PR IPM SMAM 10 Surabaya.
Dengan diarsipkannya surat-surat itu ke dalam buku, Ata—panggilan akrabnya—berharap masyarakat akan melihat, bahwa pada diri anak-anak panti asuhan, termasuk di dalamnya anak jalanan, terdapat keinginan yang besar.
“Dengan kegiatan ini kami bisa mendengar suara-suara hati anak-anak panti tentang apa yang mereka cita-citakan. Selain itu, kami ingin menggerakkan budaya literasi di kalangan panti asuhan,” ujar Ata.
Selain di Panti Asuhan Walidah, baksos literasi sudah berlangsung di Panti Asuhan Muhammadiyah Kenjeran Surabaya. “Baksos literasi ini berlangsung rutin tiap pekan dan dilaksanakan di berbagai panti asuhan,” ungkap Ata. “Sampai surat-surat yang terkumpul bisa dijadikan buku.” (Ayunda)

Berikut adalah cuplikan surat kepada Presiden Joko Widodo yang ditulis oleh Putra dari Panti Asuhan Muhammadiyah Kenjeran Surabaya:
Kepada yang terhormat
Bapak Presiden Joko Widodo

Assalamualaikum Wr. Wb.
Bapak Jokowi yang saya hormati, dengan surat ini saya akan menulis curahan hati saya. Perkenankan dahulu nama saya Putra kelas 3 dan saya tinggal di Panti Asuhan Muhammadiyah Kenjeran Surabaya.
Cita-cita saya ingin menjadi pilot karena saya ingin orangtua saya bangga dan senang.
Putra