29 Mar 2017

IPM Kalimantan Selatan Menuju Musywil XIX



Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Kalimantan Selatan akan segera menyelenggarakan Musyawarah Wilayah XIX. Dengan mengangkat tema  “Menggerakan Daya Kreatif Mendorong Generasi IPM Kalimantan Selatan Berkemajuan”, diharapkan mampu membawa spirit baru dalam menerapkan ilmu sebagai landasan dan bergerak secara nyata untuk mengurangi problematika yang senjang di Kalimatan Selatan.

Gerakan pengorganisasian PW IPM Kalimatan Selatan adalah sebagai bentuk penguatan pijakan untuk terus berkarya dan selalu memberikan aroma-aroma islam yang berkemajuan di kalangan pelajar. Dan diarahkan untuk terus mengembangkan kualitas SDM sebagai harapan terciptanya peradaban baru dan dialetika baru  di tubuh IPM Kalimantan Selatan.

Beberapa kasus yang menjadi permasalahan di Kalimantan Selatan diantaranya: (1) kasus Narkoba adalah santapan setiap hari ketika melihat kabar berita yang ada di Kalimantan Selatan bahkan kebanyakan di pakai oleh para pelajar, (2) penebangan hutan dan proses penambangan batu bara adalah keadaan di Kalimantan Selatan yang mengakibatkan Banjir yang terjadi setiap tahunnya, kurangnya pasokan air bersih di sungai karena proses penambangan, bahkan seringnya pemadaman listrik yang terjadi padahal hasil tambang batu bara sangat berlimpah, (3) serta sangat rendahnya minat baca, kajian ilmiah, buku-buku tergolong mahal serta angka buta huruf yang tinggi.

Agenda aksi yang disiapkan oleh tim materi menjadi acuan untuk proses kembangnya permasalahan ke daerah, persyarikatan, bangsa dan IPM. Melalui gerakan literasi yang terus didorong dan dikembangkan menghasilkan formula yang tepat untuk minat baca. Ekoliterasi sebagai wawasan senantiasa menjaga lingkungan melalui pendekatan dan pendidikan yang mengasyikan kepada pelajar agar tertanam dalam jiwa untuk menjaga serta merawat lingkungan dan memberikan edukasi seputar narkoba. 

Harapannya  semoga kedepannya dapat  menghasilkan keputusan yang relevan dengan keadaan wilayah, serta dapat melakukan terobosan baru sebagai gerak kreatif yang berkemajuan. Selamat Musywil kader IPM Kalimantan Selatan, apapun keputusannya semoga tetap menjaga kebersaman dan terus berjuang di ikatan penuh makna ini!

*) Penulis adalah Al Bawi, Ketua Bidang Organisasi PW IPM Kalimantan Selatan Periode 2014-2016