13 Nov 2016

Kader IPM di Italia Ucapkan Selamat Muktamar



Casamassima9 September 2016 lalu, seorang siswa kelas XII Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Setyawan Putra Sujana menginjakan kaki pertama kalinya di Italia. Putra mengikuti pertukaran pelajar AFS (American Field Study) dengan Italia sebagai negara tujuannya. Putra berhasil menjadi satu diantara 144 pelajar Indonesia tingkat akhir SMA/sederajat yang menjadi peserta pertukaran pelajar setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat.

Kurang lebih satu tahun bersama keluarga angkat, Kabid PIP PR IPM Muallimin periode 2015/2016 ini tinggal di kota Casamassima, Puglia, Italia. Selama setahun kedepan, Putra bersekolah di Liceo Cartesio Triggiano. Di kota tersebut ia akan bertemu dengan keluarga baru, teman-teman baru serta aktivitas sekolah yang baru.

“Saya sangat bersyukur bisa terpilih dan mengikuti program ini. Saya bisa bertemu wajah-wajah baru, bisa belajar tentang kebudayaan dan kehidupan warga di negeri lain. Mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa serta bisa mengenalkan Indonesia dan Islam ke banyak orang yang belum mengenalnya,” ujarnya senang. 

Tak pernah disangka bahwa dirinya bisa menginjakkan kaki di negeri orang. Tak hanya membawa nama diri sendiri, namun juga sekolah, nama bangsa Indonesia bahkan nama Islam.

Harapan Putra mengikuti pertukaran pelajar ini diungkapkannya secara langsung, “Saya berharap selama setahun kedepan dapat menjadikan diri saya lebih baik, menjadi duta dan agen yang baik pula bagi bangsa. Dapat mengambil semua pengetahuan yang bisa saya dapatkan disini. Berwawasan lebih luas, berpikiran lebih terbuka dan juga lebih dewasa”.

Putra yang telah bertahun-tahun menjadi bagian dari IPM mengucapkan selamat dan sukses untuk Muktamar. “Selamat, sukses, dan semangat untuk Muktamar XX Ikatan Pelajar Muhammadiyah pada 12-16 November di Samarinda. Semoga kedepannya dapat terus menjadi kebanggaan semua dan dapat terus menginspirasi pelajar Indonesia. IPM JAYA!,” ucap Putra langsung dari Italia. (alz)