25 Sep 2016

IPM Metro Gelar Seminar Nasional Pendidikan

Metro-Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar
Muhammadiyah
Kota Metro Lampung baru saja menyelenggarakan kegiatan seminar nasional
kemarin sabtu (24/9). Sejak pagi ratusan peserta memadati aula pemerintah kota metro mulai dari pelajar, mahasiswa hingga guru.
Seminar yang menghadirkan narasumber pakar pendidikan ini mengangkat tema Potret Pendidikan; Menuju Paradigma Baru Pendidikan Berkemajuan. Profesor Dr. Sudarnoto Abdul Hakim, M.A hadir sebagai narasumber utama dan didampingi Mukhlasin perwakilan pemerintah Kota Metro subbag Perencanaan Dinas pendidikan Kota Metro. Selain mereka berdua masih ada satu lagi analisator pendidikan sekaligus Rektor Universitas Muhammadiyah Metro, Profesor Karwono.
Beberapa hal yang disampaikan Sudarnoto diantaranya tentang komitmen guru sebagai tenaga pendidik akan berpengaruh pada suasana pendidikan itu sendiri. Selain itu ketulusan kerja guru akan berdampak pada hubungan emosional yang bisa terbangun erat antara guru dan murid itu sendiri. Pendidikan berkemajuan bukan hanya berkutat pada persoalan intelektual namun juga terintegrasi dengan pendekatan nilai-nilai spiritual. Pendidikan yang dijalankan dengan ketulusan dan niat ibadah akan menjadi dorongan semangat tersendiri bagi setiap organ pendidikan.
Tentu dalam rangkaian itu semua tidak lepas tiga hal, Pertama mengenai komitmen guru, orangtua, dan murid itu sendiri. Kedua, menciptakan suasana pendidikan yang nyaman dan ramah. Serta ketiga kerjasama yang tulus antara semua pihak, bahwa pendidikan adalah kebutuhan bersama.
Harapan para pelajar yang jelas adalah tentu menginginkan sekolah yang nyaman, fasilitas memadai dan suasana yang menyenangkan, pendidikan karakter berkemajuan akan terwujud sehingga sekolah benar-benar menjadi solusi masa depan bangsa.
MF. Fauzi A.
(MS)