23 Sep 2016

IPM Kalbar Gelar Pelantikan dan Dialog Pendidikan


Pontianak-Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat
menjadi saksi bisu dilantiknya Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kalimantan Barat
(PW IPM Kalbar) periode 2016 – 2018 oleh Ketua PP IPM Khairul Sakti Lubis pada Rabu (14/9) lalu.

Dihadiri oleh kurang lebih 150 orang tamu undangan, terdiri dari PW Muhammadiyah, Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), Pimpinan organisasi otonom (ortom) Muhammadiyah tingkat wilayah, pejabat pemerintah, Organisasi Kepemudaan sahabat, perwakilan beberapa OSIS daerah Kota Pontianak, Pimpinan Daerah IPM, dan siswa sekolah Muhammadiyah. Undangan tidak hanya menghadiri pelantikan namun sekaligus menjadi peserta dalam agenda “Dialog Pendikan” setelah berakhirnya prosesi pelantikan.
“Tiga agenda besar dan penting dilaksanakan pada hari ini, yaitu Pelantikan PW IPM Kalbar periode 2016 - 2018, Pembukaan Pelatihan Kader Muda Taruna Melati 2 se-Kalbar, dan Dialog Pendidikan” ujar Ketua Panitia Syarif Syamsurrizal.

Ketua Umum PW IPM Kalbar 2013 – 2015 menyampaikan harapannya untuk pimpinan yang baru agar dapat terus memajukan IPM Kalbar.
“Harapan saya untuk teman-teman pimpinan yang baru dilantik, nantinya dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya. Hal serupa disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Dr. Pabali Musa, M.Ag. Seraya mengucapkan selamat kepada PW IPM Kalbar yang telah dilantik, beliau mengatakan bahwa masa depan Muhammadiyah ditentukan oleh kualitas kader-kader mudanya hari ini, salah satunya IPM.

Santoso Setio selaku Ketua Umum PW IPM Kalbar yang baru saja dilantik menuturkan bahwa ia berharap IPM Kalbar bisa mengambil bagian dalam mewarnai corak pelajar Kalimantan Barat. 
"Harapan terbesar kami adalah memberikan warna yang indah untuk Pelajar di Kalimantan Barat. Hari ini Kalbar kedatangan tamu PP IPM yang merupakan kader Sumatera Utara, mudah-mudahan kedepan ada PP IPM kader dari Kalimantan Barat hadir ke Sumatera Utara". katanya. 

Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Drs. Aminuddin, M.Si dalam sambutannya berharap agar IPM sebagai salah satu Organisasi Kemasyarakatan Pemudaa atau OKP dengan basis masa pelajar memilki fungsi strategis untuk turut serta menanggulangi bahaya narkoba dan radikalisme. Beliau mengajak IPM untuk turut serta bersama pemerintah untuk terus melakukan upaya-upaya apapun yang dapat mengatasi masalah narkoba serta memberikan pencerahan kepada pelajar-pelajar Indonesia khususnya Kalimantan Barat tentang upaya meminimalisir penyebaran paham-paham radikalisme

Selain pelantikan agenda yang dilaksanakan setelah pelantikan adalah Dialog Pendidikan yang menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Ketua PP IPM Bidang Advokasi Khairul Sakti Lubis, Dr. Ikhsanudin selaku Akademisi FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak, dan Kusnadi dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar. Dialog yang mengambil tema “Fullday School Solusi Pendidikan Karakter, Mungkinkah ?” menghasilkan pendapat yang sama secara umum dari tiga narasumber hanya saja pada sisi tertentu ada perbedaan pendapat dari segi kesiapan guru, infrastruktur, dan kondisi geografis sekolah.